Senin, 01 September 2008

Perencanaan Pendidikan

Kemajuan pendidikan di negara-negara maju, tak lain disebabkan oleh penerapan perencanaan pendidikan yang lengkap. Dengan kata lain, bahwa perencanaan pendidikan itu berkaitan erat dengan berbagai tuntutan perkembangan kehidupan masyarakat, baik dalam masalah sosial maupun ekonomi.
Oleh karena itu, maka negara-negara berkembang sangat sesuai bila menerapkan taua menggunakan perencanaan pendidikan dalam rangka meningkatkan berbagai kehidupan masyarakat dan mengembangkannya, baik mengenai masalah sosial maupun ekonomi dengan jalan mengembangkan pola-pola perencanaan pendidikan dalam kaitannya dengan perkembangan sosek dan perwilayahan.
Kita pasti yakin bahwa dengan perencanaan ekonomi atau kemasyarakatan saja dan terlepas dari perencanaan pendidikan, tidak mungkin akan dapat banyak diharapkan pengaruh positip. Sebab para sosiologdan ekonom sendiri dalam berbagai penelitiannya terdapat suatu kesimpulan bahwa unsur manusia dan pribadinya itu merupakan kapital/modal yang sangat berharga dan berguna sekali. Unsur manusialah yang dapat menyediakan, menghasilkan, dan menentukan kebutuhan perencanaan pendidikan yang mesti dipenuhi. Sehingga pendidikan itu menurut pandanganb masuarakat menjadi kewajiban atau tanggungjawab para kapitalis dan mereka memang harus memberi imbalan yang setimpal. Dengan demikian, perkembangan pendidikan pun penjadi pelengkap yang mempunyai arti penting bagi perkembangan ekonomi dan kemasyarakatan. namun hal itu, sebenarnya bukanlah semata-mata melayani dan merupakan konsumsi bagi satu modal saja.
Oleh karena itu , dalam hal perencanaan pendidikan ini, masyarakat mempunyai tanggungjawab mengenai perkembangan dirinya dan sekaligus menghadapi problematika hidupnya dan harus bekerjasama dalam mengatasi problematika tersebut agar dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang cukup pesat dan menakjubkan.

Tidak ada komentar:

Masalalu

Masalalu
Pulang dari mendaki