Senin, 01 September 2008

Pendidikan Dan Kebudayaan

Pendidikan itu diperlukan untuk membangun suatu masyarakat. Kenyataan ini sangat jelas. Kebudayaan adalah merupakan bagian yang tak terpisahkan dari suatu masyarakat. Sebab, pendidikan itu merupakan kebutuhan pokok di dalam merumuskan bentuk atau pola suatu kebudayaan yang menjadi ciri suatu masyarakat. Dan Pendidikan itupun itupun juga merencanakan pola pemindahan kebudayaan dari satu generasi ke generasi selanjutnya dan sekaligus berupaya bagaimana cara pengembangan dan mengarahkannya sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan masyarakat yang selalu bertambah dan berubah.

1. Pendidikan dan Unsur-Unsur Umum Kebudayaan

Kita dapat menentukan pendidikan gabungan yang bercokol di atas unsur-unsur umum kebudayaan di dalam suatu masyarakat manapun. Unsu-unsur umum kebudayaan itu seringkali menentukan pendidikanyang akan diberikan pada tingkat pertama. Sebab, tujuan-tujuan pendidikan tingkat pertama ini disesuaikan dengan unsur-unsur umum kebudayaan itu. Alasannya, pada pendidikan tingkat pertamaini bertujuan untuk mempersiapkan suatu kemampuan yang sama bagi seseorang tentang kebudayaan yang harus diterima oleh seluruh anggota masyarakat, yang akhirnya mereka mendapatkan kemampuan yang sama, baik pengalaman, kecenderungan maupun keterampilan. Oleh karena itu, maka sebagian besar masyarakat benar-benar memperhatikan pendidikan pada tingkat pertama ini, perihal unsur-unsur umum kebudayaan.
Selanjutnya menjadikan unsur-unsur umum kebudayaan itu merupakan suatu keharusan yang tidak boleh tidak dalam pendidikan. Sebab, unsur-unsur umum tersebut akan mencerminkan demokrasi pendidikan. Oleh karena itu, kemampuan itu termasuk suatu kebudayaan yang diterima oleh anggota masyarakat yang memiliki berbagai tingkat sosial budaya yang berbeda-beda. Dan kemampuan itulahyang menentukan sikap saling pengertian dan mendekatkan diri dalam berbagai pemikiran dan gagasan. Kemampuan tersebut juga akan mencegah adanya klas-klas sosial. Sebab, di dalam kemampuan itu setiap orang akan merasakan peran pentingnya di dalam masyarakat, baik tanggungjawab maupun hak dan kewajibannya. Oleh karena itu kami dapat menemukan unsur-unsur umum suatu kebudayaan yang sama itu hanya di negara-negara yang sudah maju dan merdeka.

Tidak ada komentar:

Masalalu

Masalalu
Pulang dari mendaki